Tentang

Pembaca setia detikcom yang kerap berinteraksi di kanal-kanal detikcom tentunya sudah tidak asing lagi dengan detikID. Dengan menggunakan detikID, pembaca bisa berinteraksi di detikForum dan mengirimkan komentar di seluruh kanal detikcom.

Untuk meningkatkan layanan kami kepada pembaca, kami memperkenalkan detikID yang merupakan pengembangan dari detikID.

Dengan detikID, pembaca diberi pilihan untuk mendaftar dengan menggunakan email, akun facebook atau akun google yang telah dimiliki.

Tak hanya itu seluruh fasilitas detikcom telah diintegrasikan dengan detikID sehingga pembaca bisa melakukan single sign-on apabila ingin berinteraksi di dalam lingkungan detikcom.

Dan yang paling penting adalah detikID memungkinkan kami memberikan apresiasi kepada para pembaca yang aktif berkontribusi dengan memberikan poin untuk program-program khusus untuk pembaca detikcom.

Pengembangan dan implementasi detikID kami lakukan secara bertahap. Karena itu, apabila Anda mengalami problem saat login atau ingin menyumbangkan saran pengembangan, kirimkan email ke connect@detik.com

Kebijakan Privacy detikID

detikID adalah layanan login ke dalam produk digital milik Detik Network (PT Trans Digital Media) yang bernaung di bawah grup CT Corp. Ada pun produk digital yang merupakan bagian dari Detik Network adalah detikcom, Pasang Mata, Adsmart, CNN Indonesia, Haibunda, CNBC Indonesia, Insert! Live, detikshop, Trans Media Sosial, penyedia jasa internet Detik Ini Juga.

Dengan membuat akun detikID, Anda mempercayakan informasi Anda kepada kami dan memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi, berkontribusi di dalam layanan Detik Network serta mendapatkan manfaat berupa poin dan hadiah dari unit usaha CT Corp.

Kebijakan Privasi ini bertujuan untuk membantu Anda memahami informasi yang kami kumpulkan, alasan kami mengumpulkannya, dan cara untuk memperbarui, mengelola dan menghapus informasi Anda.

Informasi Apa yang Kami Kumpulkan Tentang Anda?

Anda dapat mengakses situs kami tanpa login maupun dengan login. Tentu terdapat perbedaan pengalaman namun kedua hal tersebut memungkinkan kami mendapat informasi tentang Anda.

Login diperlukan saat Anda menggunakan layanan Detik Network seperti mengirimkan konten (tulisan, foto, video), berkomentar, memesan barang, memasang iklan, memberikan rincian pendaftaran kegiatan, mengikuti survei, berpartisipasi kontes atau berinteraksi dengan fitur di halaman situs kami. Untuk dapat login, Anda akan mendaftar melalui detikID dan mengisi informasi pribadi.

Informasi pribadi adalah informasi yang mengidentifikasi Anda sebagai individu atau berhubungan dengan individu yang dapat diidentifikasi. Beberapa jenis informasi pribadi yang berbeda dapat dikumpulkan ketika Anda berinteraksi dengan layanan Detik Network, tergantung pada jenis produk atau layanan yang digunakan. Pengumpulan informasi pribadi diperlukan untuk memberikan layanan kepada Anda dan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Jika Anda tidak login ke Akun detikID, kami menyimpan informasi yang kami kumpulkan dengan ID unik yang terikat ke browser, aplikasi, atau perangkat yang sedang Anda gunakan. Hal ini membantu kami melakukan hal seperti mengenali kebiasaan Anda saat terhubung dengan layanan Detik Network.

Berikut ini penjelasan bagaimana Anda memberikan informasi pribadi kepada kami.

  1. Melalui Layanan Detik Network
    1. Pendaftaran Akun detikID
    2. Untuk mendaftar akun DetikID, Anda harus memberikan alamat email, kata sandi unik, info demografi (usia dan jenis kelamin) dan no telepon (tidak wajib) atau dengan cara menautkan akun Facebook atau Google Anda.

    3. User Generated Content / UGC (Konten Buatan Pengguna/Pembaca), termasuk Komentar, Testimoni dan Ulasan
    4. Kami menawarkan Anda untuk terlibat dalam aktivitas publik, seperti mengirimkan tulisan, ulasan, testimoni, dan berkomentar pada artikel di situs kami. Informasi yang Anda kirimkan dapat dilihat publik, dikumpulkan dan digunakan oleh pengguna lain dari layanan tersebut.

    5. Kontes, Undian dan Penawaran Spesial
    6. Anda dapat mengikuti kontes, undian berhadiah, serta penawaran spesial yang dipublikasikan di media-media Detik Network. Kegiatan tersebut dapat diselenggarakan sendiri oleh media-media Detik Network maupun bekerjasama dengan pihak ketiga.

      Saat mengikuti kegiatan tersebut, Anda akan diminta untuk login atau mengisi data pribadi guna memverifikasi kebenaran penerima hadiah.

    7. Survei, Polling, Panel Pembaca dan Riset Pasar/Pengguna/Pembaca
    8. Detik Network sering menyelenggarakan survei, polling, panel pembaca dan riset pasar/pengguna/pembaca guna mempelajari situasi terkini dan merencanakan layanan yang lebih baik bagi pengguna atau pembaca.

      Kegiatan tersebut akan membutuhkan data profil dan kebiasaan disesuaikan dengan objektif dari masing-masing kegiatan.

    9. Pemasangan Iklan Personal atau Eceran
    10. Detik Network memiliki layanan iklan personal atau eceran bernama Adsmart (adsmart.detik.com). Anda dapat mempublikasikan barang dan jasa Anda melalui media-media Detik Network. Anda akan mengisi beberapa data yang diperlukan termasuk memilih metode pembayaran saat berada di layanan Adsmart.

    11. Keikutsertaan Kegiatan Off-line
    12. Saat Anda mengikuti kegiatan-kegiatan offline dari Detik Network, baik yang dilakukan sendiri maupun bersama pihak ketiga, Anda akan mengisi data pribadi saat melakukan pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan online melalui platform bernama detikevent (event.detik.com) atau offline di lokasi berlangsungnya acara.

    13. Pembelian Barang
    14. Pembelian barang dapat dilakukan di platform ecommerce kami yang bernama detikshop (detikshop.com). detikshop memungkinkan Anda melakukan transaksi menggunakan poin Detik Network, kartu kredit, transfer via layanan online bank.

    15. Penukaran Poin
    16. Anda dapat mengumpulkan poin di media dan layanan Detik Network dengan cara beraktivitas dan mengikuti program secara aktif. Poin yang terkumpul dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik di detikshop oleh pengguna/pembaca yang memiliki data lengkap dan terverifikasi.

  2. Dari Sumber Lain
    • Database yang tersedia untuk umum, termasuk sumber daya pemasaran dan analisis data yang dipegang secara pribadi. Sebagai contoh, kami mungkin menerima informasi demografis (umur, jenis kelamin, pendapatan rumah tangga, industri pekerjaan dan jabatan) dari sumber-sumber ini.
    • Pemasaran bersama Pihak Ketiga, ketika mereka berbagi informasi untuk kami.
    • Platform media sosial. Jika Anda memilih untuk menautkan akun media sosial atau akun Anda yang terkait dengan layanan pihak ketiga lainnya ke layanan Detik Network, Anda mungkin meminta pihak ketiga untuk mengirimkan informasi tertentu kepada kami dari akun media sosial atau akun layanan tersebut, dan Anda mengijinkan kami untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan apa yang mereka kirimkan kepada kami sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

Apa yang Kami Lakukan dengan Informasi Pribadi yang Kami Kumpulkan Tentang Anda?

Kami mengumpulkan, menggunakan, atau memproses informasi pribadi untuk pengembangan layanan yang lebih baik dari Detik Network untuk Anda. Dari layanan ini, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari kelompok usaha CT Corp lainnya.

Bagaimana Anda Mengontrol Informasi Pribadi di Detik Network?

Kami juga membuat tempat bagi Anda untuk meninjau & mengontrol informasi yang ditampilkan di halaman publik dasbor akun detikID. Kontrol Privasi detikID Anda Mencakup

  1. Informasi Pribadi
  2. Mengontrol informasi yang dapat dilihat oleh orang lain di layanan detikID, seperti informasi kontak Anda, riwayat dan minat. Secara umum informasi yang bersifat privasi sudah kami kontrol dengan status ‘Hanya Saya’.

    Anda dapat mengubahnya di menu Dashboard Setting

  3. Kontrol Aktivitas
  4. Pada kontrol ini memungkinkan untuk meninjau dan mengelola aktivitas Anda yang hendak ditampilkan di halaman publik dasbor Anda. Aktivitas yang dimaksud adalah saat menggunakan layanan program berpoin dari Detik Network. Banyaknya aktivitas akan terus bertambah sesuai dengan bertambahnya program-program berpoin dari Detik Network.

    Anda dapat mengubahnya di menu Pengaturan Aktivitas

  5. Anda juga bisa mengirim ulang email aktivasi dengan cara klik tombol "kirim email aktivasi" setelah anda klik masuk.

Kapan Kami Membagikan Informasi Anda?

Saat Anda telah login ke dalam detikID dan terlibat ke dalam komentar atau berkirim tulisan, foto dan video, kami akan menampilkan foto profil Anda beserta nama pengguna.

Kami tidak membagikan informasi pribadi Anda kepada perusahaan, organisasi, atau individu di luar CT Corp kecuali untuk tujuan kepatuhan pada hukum atau permintaan pemerintah yang wajib dipenuhi.

Menjaga Keamanan Informasi Anda

Kami bekerja keras untuk melindungi kerahasiaan informasi pribadi Anda dengan menggunakan enkripsi data.

Seputar Pertanyaan Umum

Bagaimana caranya melakukan aktivasi akun baru?

Ketika Anda selesai melakukan pendaftaran, kami akan mengirimkan email untuk melakukan aktivasi akun baru Anda. Periksa email yang Anda masukan ketika mendaftar dan temukan email aktivasi yang telah kami kirimkan dengan subject "Konfirmasi Aktivasi detikID". Klik tautan yang tersedia atau copy paste tautan tersebut di browser Anda. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi di browser Anda.

Apa yang Kami Lakukan dengan Informasi Pribadi yang Kami Kumpulkan Tentang Anda?

Anda tidak dapat beraktivitas menggunakan akun Anda dan setiap Anda mencoba untuk masuk, Anda akan diminta untuk melakukan aktivasi akun Anda.

Mengapa saya perlu mengaktivasi akun saya?

Kami perlu memastikan bahwa alamat email yang Anda masukan adalah benar milik Anda.

Saya tidak menerima email permintaan aktivasi.

Coba lakukan hal - hal berikut:

  1. Periksa folder junk mail atau spam pada email Anda.
  2. Pastikan email yang Anda masukkan pada saat pendaftaran adalah benar.
  3. Anda juga bisa mengirim ulang email aktivasi dengan cara klik tombol "kirim email aktivasi" setelah anda klik masuk.

Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di detikcom. Sebelum Anda melakukan pendaftaran detikID, silakan membaca Syarat dan Ketentuan di bawah ini.

Selama menggunakan detikID maka anda setuju untuk terikat dan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Kami dapat mengubah syarat dan ketentuan setiap saat, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya dan pengguna setuju untuk mematuhi syarat dan ketentuan tersebut.

  1. Mengenai penggunaan username:
    • Dilarang menggunakan username yang mengandung pelecehan terhadap SARA, pornografi, brand/merek atau nama lainnya yang dilindungi oleh hak cipta.
    • Selama menggunakan username detikID Anda terikat oleh syarat & ketentuan yang berlaku khusus di kanal yang bersangkutan maupun syarat & ketentuan secara umum.
    • Kami berhak untuk dapat menghentikan atau men-suspend akun dan/atau penggunaan Anda untuk jangka waktu sementara ataupun seterusnya, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    • Kami berhak untuk dapat menghentikan akun atau penggunaan Anda pada situs kami apabila akun Anda melanggar syarat dan ketentuan yang sudah tertera tanpa harus memberitahukan alasan tersebut.
    • Poin yang telah terkumpul pada akun yang dihentikan karena melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku tidak bisa dialihkan kepada akun lainnya.
    • Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda ataupun pihak lainnya atas penghentian akun atau penggunaan yang telah dihentikan dari situs kami.
  2. Situs kami, termasuk didalamnya konten text, foto, gambar, video dan audio, dilindungi oleh hak cipta dan kami memiliki segala hak atas hal konten tersebut sesuai dengan perjanjian yang dilakukan sebelumnya jika ada.Dengan mengirimkan konten pada website pengguna telah memberikan hak pada kami dan pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami untuk menerbitkan atau mempublikasikan atau meng-copy konten tersebut pada website kami dan untuk keperluan promosi.

    Pengguna akan sepenuhnya bertanggung jawab atas konten yang telah dikirimkan kepada kami dan telah dipublikasikan melalui website kami ataupun pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami.

  3. Mengenai penggunaan konten kami:

    Dilarang untuk menggandakan, mereproduksi, mendistribusikan, mempublikasikan, menyimpan ke dalam database, menampilkan, memodifikasi, membuat karya turunan dari dan/atau dengan cara apapun memanfaatkan setiap bagian dari situs kami kecuali mendapatkan izin secara explisit dan tertulis dari kami.

  4. Segala sesuatu informasi tentang profil pengguna yang diberikan kepada kami akan kami jaga kerahasiaannya dan tidak akan dipublikasikan kepada pihak ketiga manapun, kecuali dengan persetujuan pengguna yang akan ditanyakan sebelumnya.

    Anda setuju bahwa apabila kami mendapatkan surat perintah pengadilan yang dikeluarkan oleh pengadilan atau penegak hukum Negara Indonesia, kami harus memenuhi dan bekerja sama dengan pihak tersebut dan memberikan informasi mengenai Anda termasuk data profil atau informasi lainnya yang telah diberikan kepada kami tanpa memerlukan persetujuan dari pengguna.

    Anda berhak untuk melindungi hak pribadi Anda dengan menghubungi kami melalui email, surat atau telepon yang dapat ditemukan di situs kami.

  5. Anda setuju untuk bertanggung jawab dan membebaskan kami dan pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami atas setiap kerugian yang kami terima dari pelanggaran yang Anda lakukan terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

Poin detikID

Apa itu poin detikID?

Poin merupakan program loyalty bagi pembaca detikcom yang memiliki akun di detikID. Pemilik akun detikID akan mendapatkan sejumlah poin bila melakukan aktivitas di kanal-kanal detikcom atau mengikuti program-program yang diadakan detikcom baik berupa online maupun offline. Setiap User yang baru mendaftar detikID sejak 26 Mei 2015 akan mendapatkan 50 poin secara otomatis.

Apa kegunaan poin bagi pemilik akun detikID?

Poin dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik yang telah disediakan detikcom dalam katalog yang terdapat di poin.detikshop.com

Bagaimana cara mendapatkan poin?

Saat ini Anda bisa mendapatkan poin dengan melakukan aktivitas di kanal berikut ini: *)

PasangMata :

  • Mengirim Kontribusi Teks (20 poin)
  • Mengirim Kontribusi Foto (30 poin)
  • Mengirim Kontribusi Video (50 poin)
  • Menjadi Kontribusi Pilihan (100 poin)
  • Kontribusi Digunakan oleh detikcom (200 poin)

detikTravel :

  • d'Traveler of the Month : 10 Pemenang terbaik akan mendapatkan 2000 poin untuk setiap pemenang.
  • d'Traveler Stories (100 poin)
  • d'Traveler Album (50 poin)
  • Snapshot (30 poin)

detikOto :

Foto mobil dan motor yang berhasil masuk di halaman PAMOR (500 poin)

detikForum :

Thread pilihan (100 poin)

detikFood :

  • Pengalaman Bersantap (100 poin)
  • Resep Pembaca (100 poin)
  • Konsultasi Kuliner Odilia (20 poin)
  • Konsultasi Kuliner Yongki (20 poin)

detikHealth :

  • Konsultasi (50 poin)
  • Diet Experience (100 poin)
  • Cerita Pembaca (100 poin)

detikID :

  • Melengkapi Profil (100 poin)

Komentar :

  • Komentar Terpilih Pilihan Redaksi (5 poin)

detikNews :

  • Kirim Opini (100 poin)

* Poin akan didapat oleh user, jika tulisan sudah lolos moderasi oleh tim terkait.

Bisakah poin hangus atau berkurang?

  • Poin hangus apabila telah kadaluarsa atau akun detikID di-banned/suspend oleh admin di kanal manapun.
  • Poin berkurang apabila konten yang dikirimkan oleh user berhasil ditampilkan namun diturunkan kembali oleh admin karena alasan tertentu.